Kopi dari tanah Toraja

    kopi Toraja 
        Di hasilkan dari daerah sulawesi selatan, daerah Toraja.

    Pegunungan toraja memang sangat istimewa tanah tumbuh subur, Buktinya dua jenis kopi terbaik dunia bisa dihasilkan sekaligus yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta. Perbedaan 2 jenis kopi toraja ini terdapat pada kafein yang di hasilkan pada setiap jenis kopi toraja.Kopi ini  sama-sama mempunyai tingkat keasaman yang tinggi.
    Cita rasanya yang memiliki unsur tanah, unik serta khas menjadi ciri utama kopi toraja ini. Kamu akan terkejut saat pertama kali mencobanya.  Lidahmu akan merasakan rasa pahit yang menghilang sesaat yang tidak menyisakan bekas rasa pahit di lidah.
Rasa inilah yang digemari para penikmat kopi nusantara dan mancanegara.

   Single origin dari Toraja Sapan begitu orang menyebutnya. pernah mendapat nilai cupping tertinggi pada acara Lelang Kopi Asosiasi Kopi Spesial yang diadakan di Surabaya. Bisa ditebak, setelahnya kopi ini pun segera meroket pamornya dan, menurut saya, jadi mensejajari popularitas kopi Gayo yang sudah lebih dulu naik daun. Dan pada akhirnya ikut menambah satu lagi perbendaharaan single origin terbaik dari Indonesia.

 Sapan sendiri merupakan daerah kecil yang menjadi tempat konsentrasi para pengumpul dan semacam koperasi kopi di Kabupaten Toraja Utara. Kopi-kopi Toraja Sapan ditanam di lereng gunung Sesean yang memiliki ketinggian sekitar 1.400 – 2.100 mdpl. Wilayah tumbuhnya yang tinggi dan sangat bagus inilah yang dianggap sebagai faktor penting yang membuat kopi-kopi Toraja Sapan kemudian melahirkan karakter-karakter ajaib yang khas.
  
  Kopi single origin Toraja Sapan setidaknya memiliki tasting notes yang sedikit mirip dengan tipikal kopi Afrika. Kopi ini memiliki body yang full, bright acidity yang segar seperti apel hijau, grapefruit atau strawberry. Dengan notes herbal dan cinnamon, plus after taste seperti dark chocolate.
single origin Toraja Sapan ini cocok diseduh dengan metode brewing apa saja. Namun jika ingin menikmati rasanya dengan lebih jernih dan bersih, maka metode pour over adalah salah satu rekomendasi cara seduh terbaik. Dan masih banyak lagi jenis-jenis kopi yang berasal baik dari sulawesi, toraja atau sapan sendiri.




Comments