Mengenal Kopi-Kopi nusantara

Hallo semua , apa kabar nya, semoga baik-baik saja dan selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. kali ini saya akan memberikan/berbagi informasi tentang KOPI. semoga teman-teaman suka.

Mengenal KOPI Nusantara


  jenis biji kopi di indonesia yang tumbuh subur dan di jadikan perkebunan cukup banyak tetapi hanya sedikit jenis kopi yang di gemari seperti : kopi gayo, toraja, jawa dll. di sini kita akan membahas 1 persatu jenis kopi yg ada di daerah di indonesia baik itu Arabica atau Robusta. untuk itu admin hanya membahas beberapa jenis saja yang admin tau kalau ada yg kurang comennt ada di bawah, oke lest go.


  kopi Gayo/coffee Gayo
    Di hasilkan dari dataran tinggi Gayo Lues/kab.gayo Lues,prov. ACEH


   Di Aceh sendiri, kopi Gayo sebagian besar ditanam di dataran tinggi. Terdapat tiga daerah yang menjadi pusat kopi Gayo, yakni Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.
Tiga daerah itu memiliki 60 varietas dan cultivated variety kopi Gayo. Namun dari banyak varietas itu, dua di antaranya diambil untuk dikembangkan, yakni varietas Gayo 1 dan Gayo 2. Pengembangan dua varietas ini merupakan saran dari Kementerian Pertanian karena keduanya dianggap memiliki kualitas baik.Dua varietas merupakan varietas anjuran dari Kementerian Pertanian yang telah teruji dari kualitas dan produktivitasnya

 Menurut kajian internasional, kopi arabika gayo mempunyai rasa paling khas dan disukai dibandingkan kopi arabika yang di tanam di tempat lain. sebenarnya di aceh sendiri jenis kopi yang terkenal di kalangan pencinta/penikmat kopi warga aceh bukanlah hanya kopi gayo saja masih banyak seperti; kopi ule kareng dan kopi lamno dengan cita rasa tersendiri.

 
  Cita rasa kopi gayo terdapat pada aroma dengan ras gurih dan hampir tidak pahit. bahkan ada juga yang berpendapat cita ras kopi gayo melebihi cita ras kopi Blue Mountain yang berasal dari Jamaika.Di daerah tersebut kopi di tanam dengan cara organik, yang di kenal juga dengan kopi hijau (ramah lingkungan) kopi gayo di sebut sebut sebagai kopi organik terbaik di dunia.Dunia internasioal menganugrahi Fair Trade Certified™ sebagai bentuk apresiasi untuk kopi arabika gayo sebagai kopi terbaik didunia.Kopi arabika gayo sekarang sudah di ekspor ke berbagai negara seperti Kawasan asia, Amerika dan Eropa. Sebagai salah satu komoditi yang menjajikan sebagai salah satu pemasukan negara.












Comments