membekan kualitas biji kopi dengan mudah.

    


    Kopi dengan kualitas baik dan jelek dapat kita bedakan  dimana bentuk biji kopi yang baik akan terlihat sempurna dengan bentuk dan warna yang seragam. Sedangkan kopi  dengan kualitas jelek terlihat pada warna yang berbeda, warna hitam menunjukan biji membusuk sedangkan warna putih pucat menunjukan warna biji kopi tidak matang. Sedangkan warna kecoklatan, kemungkinan biji salah pengolahan, terlalu lama fermentasi, atau salah pengeringan bisa juga karena kelamaan dicuci.

Cara Bedakan Kualitas Biji Kopi cara bedakan kualitas biji kopi Cara Bedakan Kualitas Biji Kopi veselCara Bedakan Kualitas Biji Kopi cara bedakan kualitas biji kopi Cara Bedakan Kualitas Biji Kopi grade1

                                                 kopi jelek                                                                            kopi bagus
                             


Berbeda dengan biji kopi luwak, dimana warna biji juga terlihat terang tetapi tidak cendrung ke putih terang.

Biji jelek inilah yang menyumbang rasa asam tinggi dan terkadang berbau seperti jagung basi. Bisa Juga pada biji jelek terdapat kutu atau serangga yang terperangkap di dalam biji kopi ketika di roasting. Artinya kita ikut minum dan makan kutu kopi.


Apakah bisa sakit perut ketika minum kopi seperti ini, tergantung dari kebiasaan dan daya tahan perut seseorang, dapat menerima atau tidak minum kopi tersebut. Biasanya setelah minum kopi dengan kualitas rendah ini, gejala awal kerongkongan terasa sakit, tidak lama kemudian perut kembung dan mual, jika terus dilanjutkan kepala menjadi mulai pusing.

Comments