Surga tersembunyi ! Wisata bahari internasional di Pulau Mursala Sibolga

Air terjun yang tajuh langsung ke lautan lepas.




Bagi saya ini adalah maha karya tuhan yang sangat indah , bayangkan saja di suatu pulau kecil di daerah kab. sibolga, sumatra utara, mempunyai surga tersembunyi yang sangat memukau mata siapa saja yang datang ke sini.
Bagi anda pecinta film hollywood King kong , mungkin anda tidak pernah membayangkan kalau salah satu film hollywood yang terkenal yaitu fim King Kong yang dirilis tahun 2005 mengambil syuting di Pulau Mursala. Pulau mursala atau turis asing menyebutnya mansalaar island  ini diambil karena memiliki keindahan alam yang begitu indah dan unik, salah satunya adalah air terjun yang langsung jatuh ke laut. Dari tanah air, Titi Sjuman dan Rio Dewanto beradu akting dalam film terbaru mereka berjudul Mursala.

Air Terjun Pulau Mursala memiliki ketinggian sekitar 35 m. Karena letak air terjun ini berada di bagian Pulau Mursala yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia maka aliran air terjun ini langsung masuk ke laut. Air terjun seperti ini hanya ada beberapa di dunia dan di Indonesia kita memiliki 2 air terjun seperti itu, satu lagi bernama Air Terjun Kahatola yang berada di Kabupaten Halmahera Barat, Propinsi Maluku Utara. Aliran Air Terjun Pulau Mursala ini berasal dari aliran sungai terpendek di dunia dengan lebar sekitar 400 m, panjang 700 m dan mengalir melalui batuan granit yang berada di tebing pulau dan meluncur tercurah ke bawah dengan suara gemuruh masuk ke dalam area laut, menciptakan pemandangan yang mempesona.

Selain keunikannya, air terjun ini juga mempunyai legenda tersendiri. Dikisahkan bahwa air terjun ini merupakan tempat bermain seorang permaisuri cantik yang bernama Putri Runduk. Putri Runduk pada masanya terkenal dengan parasnya yang cantik dan tersohor sampai ke luar kerajaan. Selain sebagai tempatnya bermain, aliran air yang berada di atas air terjun ini juga dikisahkan sebagai kolam pemandian sang putri tersebut.

Terdapat beberapa obyek wisata yang tak kalah menarik di Pulau Mursala ini selain keindahan air terjunnya, diantaranya:
- Pulau Jambe : merupakan perairan dangkal yang terdiri dari terumbu karang dan aneka jenis ikan
- Teluk Labuan Hunik : merupakan spot yang cocok untuk diving dan snorkeling
- Pulau Silabu Na Menek : terdapat batu yang menjorok berbentuk burung yang berada di ketinggian    sekitar 70 mdpl di pantai curam yang biasa disebut dengan Batu Garuda, terdapat pula Bonsai
   Pinang Merah alam di atas bebatuan curam
- Terdapat laguna dengan pantai pasir putihnya yang menyatu antara Pulau Silabu-labu Na Godang      dan Pulau Kalimantung Na Menek
- Pulau Puti : terdapat pantai pasir putih yang indah dengan perairan dangkal dan kehidupan bawah    laut yang mempesona.
Photo by : @jelajahsumut Via instagram

   Mungkin bagi kalian yang kepengen liburan ke sini bisa langsung terbang dan mendarat di bendara ferdinand lumban tobing sibolga sekitar 1 jam lebih . tapi bisa saja kalau via darat anda harus menempuh jarak dari medan ke sibolga sekitar kurang lebih 9 (357 km) melewati lintas tengah sumatra utara. Kemudian untuk menyebrang ke pulau nya anda bisa menyewa bot yang sudah di sediakan. Wisata ini sangat di rekomendasikan bagi kalian yang suka treveler karena tidak mengecewakan . 

Comments